Sabtu, 03 Desember 2011

5 Fakta Menarik Mengenai Tibet Si Atap Dunia

Sukague.com- Tibet adalah daerah dataran tinggi yang memiliki ketinggian rata-rata berkisar antara 14, 000 ft sampai 16, 000 ft. Makanya tak heran jika negeri ini sering dijuluki orang sebagai negeri "Atap Dunia." Berikut 5 fakta menarik mengenai Tibet:



1. Topografi 


Tibet dengan ibukotanya Lhasa merupakan Daerah Otonomi Khusus RRC yang juga diberi nama oleh Cina Xizang. Berada di pegunungan Himalaya, dimana puncak Mt. Everest sebagai puncak tertinggi dunia berada. Berbatasan dengan Nepal, Bhutan dan India serta Xinjiang, Qinghai dan Sichuan di Cina.

2. Sejarah 
 

Tibet dahulunya adalah sebuah kerajaan merdeka yang mengalami interaksi maupun benturan terutama secara politik dengan dinasti-dinasti yang ada di dataran Cina. Raja Tibet diberi gelar Dalai Lama, di mana Dalai Lama yang sekarang, Tenzin Gyatso adalah Dalai Lama ke-14. Dalai Lama adalah pemimpin negara Tibet dan sekaligus pemimpin keagamaan. Tibet menjadi provinsi Cina setelah serbuan tentara merah Cina pada tahun 1950 ke wilayah ini, pada musim gugur 1951 pasukan Cina berhasil menguasai ibu kota Lhasa dan mendongkel Dalai Lama dari kekuasaannya.

3. Agama 
 

Walaupun mayoritas penduduknya beragama Buddha, namun agama lain seperti Islam juga berkembang di Tibet. Muslim Tibet, juga dikenal sebagai Kachee (Kache), merupakan minoritas kecil di Tibet. Meskipun muslim, mereka diklasifikasikan sebagai orang Tibet, tidak seperti Muslim Hui, yang juga dikenal sebagai Kyangsha atau Gya Kachee (Cina Muslim).


4. Pariwisata 
 

Ada dua situs Warisan dunia yang terletak di Tibet, Potala Palace dan Norbuligka, yang merupakan bekas tempat tinggal Dalai Lama. Istana Potala berada di kota Lhasa, Tibet. Tempat ini diberi nama dari Gunung Potala, tempat kediaman Chenresig atau Avalokitesvara. Sekarang ini, Istana Potala diubah fungsinya oleh negara Cina menjadi sebuah museum.

5. Ciri Khas 

Makanan pokok Tibet adalah Tsampa (tepung gandum yang dipanggang), sedangkan minuman nasionalnya merupakan teh yang dicampur mentega asin. Di Tibet setiap tahunnya sering diadakan sebuah festifal yang dikenal Losar (Festival Tahun Baru). Tanaman utama Tibet adalah Jelai dan binatang paling terkenal milik Tibet, Yak. Garis Kereta Api Qinghai-Tibet yang menghubungkan daerah Qinghai di Cina, merupakan jalur kereta api tertinggi di dunia

Reyhan Zakaria 03 Dec, 2011


--
Source: http://www.sukague.com/2011/12/5-fakta-menarik-mengenai-tibet-si-atap.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.