Jumat, 16 Desember 2011

Teknik Meningkatkan Kecepatan Membaca

type="html">
Teknik Meningkatkan Kecepatan Membaca
Teknik Meningkatkan Kecepatan Membaca - Assalamu'alaikum Wr. Wb. Oke, kali ini saya akan share ilmu mengenai Teknik Meningkatkan Kecepatan Membaca. Yap, ini juga merupakan ilmu yang sangat umum, bahkan anda dapat temui dalam buku "Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca ?" Karangan, Nurhadi(1989:30-31).

Ada 2 hal pokok yang perlu anda perhatikan dalam meningkatkan kecepatan membaca.
  1. Anda harus mengetahui bagaimana cara meningkatkan kecepatan membaca.
  2. Anda harus mampu menghilangkan penghambat dalam kecepatan membaca.
Nah, untuk itu saya tuliskan disini bagaimana Teknik Meningkatkan Kecepatan Membaca berdasarkan BukuBahasa Indonesia SMA Kelas X. Berikut, merupakan saran-saran yang dapat anda ikuti !
  1. Biasakan membaca dalam kelompok-kelompok kata. Hindari membaca kata demi kata. Jika ini kebiasaan anda, ubahlan cara membaca itu dengan melihat satuan kalimat yang lebih dari pada kata, misalnya melihat frase demi frase.
  2. Jangan mengulang-ngulang kalimat yang telah dibaca. Kebiasaan umum yang sering menghambat kecepatan membaca adalah kita selalu mengulang-ngulang apa yang telah dibaca. Biasanya, ini akibat kita tidak dapat memahami kata, frase atau kalimat yang baru dibaca, sehingga kita mengulanginya. Ini dapat memboroskan waktu anda dalam membaca.
  3. Jangan selalu berhenti lama di awal baris atau kalimat. Ini akan memutuskan hubungan makna antar-kalimat atau antar-paragraf. Kita bisa lupa apa yang baru dibaca. Berhentilah agak lama di akhir-akhir bab, atau subbab, atau juga bila ada judul baru.
  4. Cari kata-kata kunci yang menandai adanya gagasan utama sebuat kalimat.
  5. Abaikan saja kata-kata tugas yang sifatnya berulang-ulang. Misalnya, kata-kata seperti yang, di, dari, pada, se, dan sebagainya.
  6.  
  7. sumber


View the Original article

jamal 17 Dec, 2011


--
Source: http://bikinkaget.blogspot.com/2011/12/teknik-meningkatkan-kecepatan-membaca.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.