Rabu, 30 November 2011

Langkah-langkah Menolong Korban Setrum

Listrik sudah menjadi bagian hidup manusia. Bisa dibilang manusia yang hidup di jaman modern seperti sekarang sulit hidup tanpa listrik. Hampir semua peralatan untuk keperluan hidup sehari-hari saat ini menggunakan listrik. Mulai dari alat rumah tangga, peralatan kerja, hingga mainan bayi.
haxims.blogspot.com
Jadi, pasti banyak kasus tersetrum listrik. Malah sebagian dari kita mungkin pernah mengalaminya, sekalipun dalam derajat ringan.

Pada kesetrum ringan, tubuh akan mengalami kejutan pada bagian yang terkena. Dan biasanya secara refleks kita akan menarik bagian tubuh tersebut dari sumber listrik. Kadang timbul luka bakar ringan pada bagian yang tersengat.

Beda kalau kamu kesetrum dengan derajat tinggi. Korban sering kali jatuh pingsan, mengalami henti napas, denyut jantung tak teratur atau bahkan berhenti sama sekali, dan mengalami luka bakar yang besar. Jika menemukan hal yang seperti ini, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

* Perhatikan kondisi korban dan sekitarnya. Lihat apakah korban masih terhubung dengan aliran listrik atau tidak. Jangan terburu-buru menyentuh atau memegang korban. Jika korban masih terhubung dengan listrik, kita bisa ikut kesetrum.
* Cari sumber listriknya dan matikan. Jika tidak bisa, singkirkan sumber listrik dari tubuh korban menggunakan benda yang tidak mengantarkan listrik, misalnya kayu, plastik, atau karet.
* Jika lokasi kejadian tidak aman, pindahkan korban ke tempat lain, lalu segera bawa korban ke pusat layanan medis terdekat. Bisa juga menghubungi nomor darurat agar korban dijemput.
* Sambil menuju atau menunggu bantuan medis datang, baringkan korban dalam posisi telentang. Posisi kaki diatur agar lebih tinggi dari kepala untuk mencegah terjadinya shock. Periksa pula pernapasan dan denyut jantungnya. Jika jantung atau napas korban terhenti, kamu bisa melakukan tindakan cardio pulmonal resuscitation (CPR), dengan catatan kamu menguasai teknik ini.

jamal 01 Dec, 2011


--
Source: http://gokil-lucu.blogspot.com/2011/11/langkah-langkah-menolong-korban-setrum.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.