Sabtu, 29 Oktober 2011

Kapsul Penyelamat Anti Tsunami buatan Jepang

Quote:

Sebuah perusahaan kecil di Jepang telah mengembangkan sebuah miniatur versi modern dari Bahtera Nuh (Noah’s Ark) apabila Jepang dilanda gempa besar dan tsunami: sebuah kapsul mengambang yang terlihat seperti bola tenis besar.

Japan’s Cosmo Power menyatakan "Noah" terbuat dari fiberglass yang disempurnakan yang dapat melindungi para pengguna dari bencana seperti yang pada tanggal 11 Maret yang meluluhlantakan pantai utara Jepang, dengan korban mencapai hampir 20.000orang tewas atau hilang.

Presiden Perusahaan Shoji Tanaka mengatakan dengan harga 300.000 yen (Rp 34 juta) kapsul dapat menampung empat orang dewasa.

Benda ini juga dapat digunakan sebagai rumah mainan untuk anak-anak, apabila sedang tidak digunakan dalam keadaaan darurat.

Perusahaan telah mengirimkan dua kapsul dan mecatat jumlah pesanan sebanyak 600 unit lebih.
Kapsul terbuat dari enhanced fiberglass dan dicat kuning cerah untuk kemudahan identifikasi oleh tim penolong.

Begitu masuk, mereka yang tidak segera merasakan klaustrofobia akan mendapatkan kenyamanan yang sangat minimal – hanya ada tiang di tengah untuk berpegangan, itu saja.

Ukuran diameter kapsul ini adalah 1.2 meter (4 kaki).

Satu asumsi adalah lantainya diberi pemberat untuk stabilitas dan atapnya diberi lubang pernapasan dan jendela bundar kecil. Menurut Shoji Tanaka, kapsul telah melewati sejumlah tes kecelakaan dengan baik sekali dan sekarang tersedia untuk dijual.

Dengan hanya 10 karyawan yang terlibat dalam produksi kapsul Nuh di Pabrik Cosmo Power Hiratsuka, Tokyo, produksi bola ini berjalan agak lambat.

SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.